Honda Fred 2009 Compact Minivan Good Looking

1



Perusahaan otomotif Honda belum lama ini mereka meluncurkan model compact minivan terbarunya, Honda Freed 2009. Mobil yang didesain berdasarkan model Honda Jazz/Fit 2009 ini diklaim siap meramaikan pasar mini SUV di kelasnya.

Honda Freed secara keseluruhan memiliki dimensi lebar yang kurang lebih sama dengan Honda Jazz, yaitu sekitar 1,655 mm. Tapi untuk panjangnya, mobil ini mengalami sedikit peningkatan yaitu 4,215 mm (Jazz-3,900 mm) dan dari segi tinggi mencapai 2,740 mm. Untuk sektor tenaga, Honda Freed ditopang mesin 1.5-liter VTEC 4 silinder yang dipasangkan dengan transmisi otomatis 5 percepatan atau transmisi CVT dan mampu mengeluarkan daya sebesar 120 hp.

Teknologi CVT (Continuously Variable Transmission) saat ini memang makin banyak digunakan oleh industri otomotif dunia. CVT sendiri adalah sistem transmisi tanpa gigi yang prinsip kerjanya memanfaatkan perubahan diameter antara pulley penggerak (driver pulley) dan pulley yang digerakkan (driven pulley). Oleh sebab itu, CVT mampu menyalurkan daya dari mesin ke roda secara berkesinambungan sehingga perubahan rasio jadi tidak terbatas secara progresif diantara harga rasio minimum dan maksimum. Penggunaan CVT pada mobil Freed memang diadopsi Honda untuk menghadapi tantangan perkembangan teknologi saat ini.



Untuk bagian eksterior, Honda Freed memang mirip dengan Honda Jazz/Fit. Namun pada Honda Freed, pintu penumpang sudah dibuat dengan model geser di kedua sisinya. Garis garis tegas juga tampak kental mengikuti alur body agar memiliki kesan dinamis. Sedangkan bagian interior, mobil ini hadir dengan 3 varian yaitu kursi 7 penumpang dengan fitur kursi baris kedua model captain, kursi 8 penumpang, dan yang terakhir adalah model kursi 5 penumpang namun dengan bagasi yang lebih besar.



3

Di Jepang, Honda Freed ditawarkan dengan tiga versi, 5-seater dengan bagasi besar, 7-seater dan 8-seater dijual dengan harga sekitar Rp 178,6 juta. Tentu saja, dengan harga seperti itu dan spesifikasi yang sesuai dengan kriteria konsumen otomotif di Indonesia, Freed akan menggilas habis kompetitornya.